5 Ide Bisnis Menarik Mahasiswa untuk Tambahan Uang Saku

Ada banyak sekali ide bisnis menarik mahasiswa yang bisa dicoba untuk menambah uang saku. Sebagai mahasiswa, banyak hal kreatif yang bisa diciptakan. Meskipun posisinya masih menimba ilmu, namun di waktu luang bisa dilakukan untuk menciptakan usaha.

Alih-alih untuk mendapatkan uang saku tambahan, para mahasiswa memang bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan. Mulai dari jualan pulsa, membuka les les an untuk anak SD, hingga bisnis makanan ringan.

5 Ide Bisnis Menarik Mahasiswa

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tidak perlu ragu untuk mencoba menjalankan bisnis sembari menimba ilmu. Tidak masalah jika Anda masih bisa membagi waktu antara untuk belajar dan menjalankan usaha.

Berikut beberapa ide bisnis menarik mahasiswa yang bisa dicoba.

  1. Camilan Unik

Di waktu luang, Anda bisa berkreasi untuk menciptakan ragam camilan unik. Apalagi jika Anda sudah pandai membuat camilan unik sebelumnya. Proses promosi juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Anda bisa mencoba mempromosikan terlebih dahulu produk tersebut kepada teman-teman di kelas maupun komunitas. Selanjutnya, bisa juga dilakukan dengan promosi di media social.

  1. Dropshipper dan Reseller

Ide bisnis menarik mahasiswa selanjutnya adalah menjadi dropshipper maupun reseller. Para mahasiswa tentu saja tertarik dengan berbagai barang mulai dari aksesoris, fashion, dan lain-lain.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berjualan online menjadi dropshipper dan reseller. Tidak butuh modal besar untuk menjajal bisnis tersebut.

  1. Jual Beli Buku Bekas

Peluang bisnis lain adalah menjual buku bekas. Buku menjadi salah satu kebutuhan penting bagi mahasiswa. Anda bisa mencari agen buku bekas kemudian menjualnya kembali.

Jika Anda Memiliki modal lebih, bisa juga untuk menawar buku dari teman-teman di kelas yang sudah tidak terpakai untuk kemudian dijual kembali.

  1. Menjadi Tutor Bimbel

Menjadi tutor bimbel untuk anak SD bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa membuat bimbingan belajar kelompok maupun privat. Pasanglah tariff wajar agar bisa mendapatkan murid yang cukup banyak.

Tips Menjalankan Bisnis untuk Mahasiswa

Ketika Anda akan menjalankan sebuah bisnis, maka perencanaan harus dilakukan secara matang. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan ketika akan memulai bisnis sekaligus menjalankan profesi sebagai mahasiswa.

  1. Buat Rencana Yang Matang

Rencana matang adalah syarat yang paling utama. Hambatan akan mudah terjadi jika strategi di awal tidak solid. Lakukan penelitian mencari celah pasar untuk ide yang akan Anda jalankan. Pastikan apakah ada celah potensial untuk menjalankan ide tersebut atau tidak.

  1. Menyusun Perencanaan Keuangan

Sebagian bisnis memang dimulai dengan modal kecil. Namun, Anda tetap bisa memperhitungkan keuangan untuk menambah modal. Jika ingin melangkah mengajukan pinjaman, maka pertimbangkan keuangan untuk mengembalikannya.

  1. Mengatur Waktu Belajar

Ide bisnis menarik mahasiswa tetap tidak seharusnya menganggu waktu belajar. Meski memiliki usaha yang sudah berjalan, belajar akan menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan dengan baik.

Anda harus benar-benar cermat menjalankan bisnis sembari mengatur waktu kuliah. Fleksibilitas sangat diperlukan dalam hal ini.

  1. Memanfaatkan Situasi Untuk Meraih Keuntungan

Status sebagai seorang mahasiswa memang bukan menjadi peluang untuk melakukan usaha. Lihatlah situasi ini dengan positif. Beriklan di kampus saat pameran dengan menggunakan selebaran

Jika perlu, Anda bisa melakukan promosi ke komunitas maupun ke masyarakat sekitar. Jadi, konsumen akan lebih banya berdatangan dari berbagai penjuru. Praktis sekali bukan?

Anda bisa menjalankan bisnis meskipun masih berstatus sebagai seorang mahasiswa. Tidak perlu takut mencoba dan gagal untuk melakoni sebuah bisnis. Lakukan berbagai ide bisnis menarik mahasiswa untuk menambah uang saku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *